Senin, 23 April 2012

IPTV Sebagai Lanjutan Dari Interactiv TV

Interaktive TV dalam era masa kini mulai tumbuh berkembang terutama oleh para penyedia jasa media komunikasi. Penyedia layanan dengan istilah TIME (telecommunication information , multimedia and edutainment), siap menerjuni bisnis IPTV (internet protocol television) atau tayangan televise interaktif beresolusi tinggi atau sering di sebut dengan high definition/HDTV, hal ini sebagai upaya dari bisnis multimedia sekaligus merevitalisasi jaringan kabel.
Jadi interaktif TV ini adalah media TV yang menggunakan internet, jadi layanan ini konvergen dalam bentuk siaran radio dan televise, video, audio, teks, grafik dan data yang di salurkan ke pelanggan melalui jaringan IP (internet protocol).
IPTV biasa di sebut sederhana yang berarti internet protocol television, tetapi sesungguhnya IPTV bukanlah sekedar content televise yang didistribusikan melalui internet.
IPTV adalah sinergi antara kekuatan interaksi internet dan WEB, dengan kekuatan media televise, Dan di beri julukan TV masa depan.
Kapasitas true broadband dengan kecepatan 20 Mbps dan 100Mbps.
Studi mengenai televise berbasis internet di beberapa Negara menunjukan minat masyarakat yang relative baik terhadap layanan IPTV, untuk layanan layanan seperti IPTV yang memiliki pelanggan terbanyak seperti PCCW yang berada di hongkong yang mencapai jumlah pelanggan sebanyak 850.000 pelanggan, france telecom yang berada di perancis memiliki jumlah pelanggan mencapai 800.000 pelanggan, ada lagi yang sukses juga seperti Verizon yang berada di amerika serikat dengan jumlah pelanggan mencapai 600.000 pelanggan.
TV berbayar di Indonesia memang masih rendah bila di bandingkan dengan Negara asia lainnya.
TV masa depan seperti IPTV ini merupakan platform layanan yang merupakan tahap lebih lanjut dari bentuk interaktif multimedia yang ada . dan IPTV memiliki hal baru seperti
  • Broadcast televise dan video di atas akses internet.
  • Content On demand, yang meliputi video, TV,music.
  • Interaksi multimedia dengan kecepatan true broadband yang meliputi layanan seperti game, shoping, advertising dll.
  • Memiliki kualitas layanan (quality of service) dan kualitas pengalaman (quality of experience) bagi pelanggan yang terus terpelihara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar