Interaktive TV dalam era masa kini mulai tumbuh
berkembang terutama oleh para penyedia jasa media komunikasi. Penyedia
layanan dengan istilah TIME (telecommunication information , multimedia
and edutainment), siap menerjuni bisnis IPTV (internet protocol
television) atau tayangan televise interaktif beresolusi tinggi atau
sering di sebut dengan high definition/HDTV, hal ini sebagai upaya dari
bisnis multimedia sekaligus merevitalisasi jaringan kabel.
Jadi
interaktif TV ini adalah media TV yang menggunakan internet, jadi
layanan ini konvergen dalam bentuk siaran radio dan televise, video,
audio, teks, grafik dan data yang di salurkan ke pelanggan melalui
jaringan IP (internet protocol).
IPTV biasa
di sebut sederhana yang berarti internet protocol television, tetapi
sesungguhnya IPTV bukanlah sekedar content televise yang didistribusikan melalui internet.
IPTV
adalah sinergi antara kekuatan interaksi internet dan WEB, dengan
kekuatan media televise, Dan di beri julukan TV masa depan.
Kapasitas true broadband dengan kecepatan 20 Mbps dan 100Mbps.
Studi
mengenai televise berbasis internet di beberapa Negara menunjukan minat
masyarakat yang relative baik terhadap layanan IPTV, untuk layanan
layanan seperti IPTV yang memiliki pelanggan terbanyak seperti PCCW
yang berada di hongkong yang mencapai jumlah pelanggan sebanyak 850.000
pelanggan, france telecom yang berada di perancis memiliki jumlah
pelanggan mencapai 800.000 pelanggan, ada lagi yang sukses juga seperti
Verizon yang berada di amerika serikat dengan jumlah pelanggan mencapai 600.000 pelanggan.
TV berbayar di Indonesia memang masih rendah bila di bandingkan dengan Negara asia lainnya.
TV
masa depan seperti IPTV ini merupakan platform layanan yang merupakan
tahap lebih lanjut dari bentuk interaktif multimedia yang ada . dan
IPTV memiliki hal baru seperti
- Broadcast televise dan video di atas akses internet.
- Content On demand, yang meliputi video, TV,music.
- Interaksi multimedia dengan kecepatan true broadband yang meliputi layanan seperti game, shoping, advertising dll.
- Memiliki kualitas layanan (quality of service) dan kualitas pengalaman (quality of experience) bagi pelanggan yang terus terpelihara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar