Kamis, 01 Maret 2012

MULTIMEDIA

"Tugas Multimedia Topik 4"
Interactive TV
Interactive TV atau biasa disebut Television Interactive atau secara umumnya "ITV"
yaitu kontinum dari rendah interactivitas "TV  on atau off volume, mengganti saluran,sampai sedang interactivitas "sederhana film on demand tanpa kontrol player.dan interactivitas tinggi dimana-mana,
interactiv TV &layanan Broadband Internet adalah sbuah system yang memudahkan pelanggan memilih atau mengendalikan video (film ,klip,musik)pada program Demand (opsional)menonton tv ,informasi Hotel disesuaikan ,bill,kamar internet cepat(browsing,email,chat)Fitur opsional:kamar Pesan ,dunia waktu &cuaca,internet radio,dll.
Ada pilihan TV 2 interactiv yaitu antara laiin:
  1. Interactiv Tv-Internet satu-satu
    yaitu untuk menikmati layanan TV interactiv ,pelanggan perlu satu set layar  TV/Monitor &set top box yang dioperasikan menggunakan remote,sementara pelanggan untuk layanan broadband internet membutuhkan Personal Computer 1 set atau laptop/netbook.
  2.  Internet TV Interactiv -dua dalam dua
    Untuk menikmatinya ,pelanggan hanya perlu 1 set layar TV/monitor &set top box layanan untuk TV interactiv dan broadband internet yang dapat menggunakan keyboard jauh & ini multimedia  fungsi seperti IPTV ,dimana pelanggan dapat memilih program atau fitur hanya melalui 1 layar TV/Monitor.
Kedua pilihan memiliki fitur yang relatif same . Through ini pelanggan TV & pelanggan internet broadband interactic akan memiliki kebebasan penuh untuk memilih apa yang akan anda lihat,program ini dikontrol dengan menggunakan tomboldan perintah sederhana .Sistem ini sangat cocok untuk hotel yang menginginkan yang terbaik untuk pelanggan mereka.
Fitur-Fiturnya antara lain:
  • Interactiv Antara Room & Server.
  • Selamat Datang Page (Selamat datang Bapak/Ibu.X)
  • TV kabel +/-60 Saluran
  • Informasi Fasilitas nilai Hotel
  • Kamar Bill Pemantauan
  • Internet Broadband 
  • Video,musik sesuai permintaan8*)
  • Pesan kamar*)
  • Dunia Waktu &Cuaca)
  • Internet Radio.

    Contoh Interaktif TV di Dunia antara lain:
  • Last Call
    Last Call adalah sebuah film horor pertama di dunia yang bersifat interaktif yang artinya alur cerita di film akan disesuaikan dengan keinginan penonton. Nah loh!!!
    Last Call sebagai sebuah film horor mempunyai alur tergantung dari apa yang diinginkan para penontonnya melalui ponsel.
    Yang harus dilakukan adalah mendaftarkan nomor ponsel mereka dan pada saat film dimulai, ponsel bisa digunakan untuk mengatur alur cerita.
    Contohnya di video yang ada, sang korban sedang dikejar oleh pembunuh, kemudian dia mengambil telpon dan menelpon anda secara langsung dan berbicara serta menanyakan kemana harus lari dan sebagainya.
    Jika anda mengatakan lari ke kiri maka sang korban akan mengikuti perkataan anda.Teknologi film di bioskop yang terakhir kami dengar adalah tentang film Avatar yang sudah berteknologi 4D yang diputar di Korea, kira-kira apalagi yah?



     
  • Domino Pizza: Barang Pengurutan
     
  •  adalah salah satu promosi TV pertama interaktif untuk benar-benar mendapatkan beberapa gebrakan. Seperti dijelaskan dari siaran pers tanggal 17 November 2008: "pelanggan TiVo dapat mengakses mulus rangka Pizza Domino mereka dari entry point berbagai iklan pada antarmuka pengguna TiVo ... dengan mengklik" Order Pizza Anda "... mereka dapat log -in dengan nomor rekening sederhana ... membangun ketertiban pizza mereka langsung dari televisi dengan memilih jenis kerak, topping, dan saus, dan mendapatkan pizza disampaikan oleh Pizza Domino lokal mereka. " Ini promosi tertentu bukan e-commerce diaktifkan, sehingga Anda dibayar untuk pizza Anda ketika tiba. Tapi seberapa keras be untuk menambahkan fitur bayar sekarang? Tidak terlalu keras.


    Charmin  Kupon Distribusi 

  • Ini toilet Charmin kertas iklan interaktif disampaikan kepada pengguna TiVo. Ketika iklan tersebut muncul, jempol hijau muncul di sudut kanan layar yang berbunyi, "Daftar sekarang untuk kupon berharga dari Charmin." Ketika pemirsa klik jempol menggunakan remote control mereka, program mereka mengawasi jeda dan mereka dibawa ke layar permintaan kupon. Menggunakan remote, mereka dapat memilih pilihan itu dan kupon dikirim melalui pos. Program ini dilanjutkan sekali penampil melengkapi iklan interaktif. Meskipun iklan ini dilakukan melalui TiVo, hal itu bisa dilakukan dengan sistem kabel.

    • Axe Tubuh Semprot: Laga Branding Interaktif

    Untuk TV ini komersial interaktif, Axe menciptakan permainan di mana pemirsa dikendalikan sepeda dan melakukan aksi menggunakan tombol panah. Pilihan lain juga membawa sebuah versi gerak lambat dari aksi dan informasi mengenai semprot tubuh Axe. Iklan tersebut ditunjukkan untuk 60 juta rumah yang memiliki baik DirecTV atau Dish Network. Hanya dalam beberapa minggu, 3,5 juta orang menonton video dan menghabiskan rata-rata lima menit bermain dengan iklan.

    Hubungan Interaktif Televisi ('I' Icon)
    Sebuah link TV interaktif muncul sebagai ikon "i" pada layar ketika program TV interaktif yang tersedia untuk sebuah acara TV. Pemirsa dapat menggunakan remote control atau keyboard untuk mengikuti link TV interaktif dan mengakses dunia baru informasi. Di TV, ikon ini tampak seperti yang ditunjukkan di bawah ini, bagaimanapun, pada komputer, penyiaran dapat memilih untuk menggunakan ikon ini atau mengganti ikon mereka sendiri.
    i-ikon> </ td> <td width = Hubungan interaktif televisi (kadang-kadang disebut "i" icon).
    Setelah pengunjung mengklik link, salah satu dari dua hal akan terjadi:
  • Pada TV dengan kotak set-top, sebuah panel seleksi muncul. Pemirsa dapat memilih untuk melihat program interaktif atau untuk kembali ke acara TV.
  • Pada komputer, konten interaktif untuk acara TV muncul, melewatkan langkah panel seleksi.            

    Mengapa Multimedia itu Penting
    Mengapa multimedia penting ?

    1. merupakan pemicu (triggers) - pembaca memperoleh sesuatu yang ‘lebih’ dibandingkan      topik yang dipelajari
    2. Sangat efektif dalam penyampaian informasi; menurut Computer Technology Research (CTR) :

    • Orang mampu mengingat 20% dari yang dilihat  
    • Orang mampu mengingat 30% yang didengar 
    • Orang mengingat 50% dari apa yang didengar, dilihat dan dilakukan 
    Pemanfaatan multimedia :
    1. Pendidikan -tutorial, ensiklopedia (misal : microsoft encarta), instruksional)
    2. Informasi -pariwisata, museum, galeri seni
    3. Hiburan -games, seni, pertunjukan
    4. Kedokteran - x-ray scanner
    5. Periklanan - iklan televisi, bandara, kiosk, dll

    Multimedia mampu :
    1.  Mengubah mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat   melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung teleworking/telecommuting: Netmeeting!
    2.  Mengubah cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.
    3. Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.
    4. Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca  koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.
    5. Mengubah cara belajar.  Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
    6. Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.

    Keunggulan multimedia :
    1. Menarik perhatian  -karena manusia memiliki keterbatasan daya ingat
    2. Media alternatif dalam penyampaian pesan -diperkuat dengan teks, suara, gambar, video, dan animasi
    3. Meningkatkan kualitas penyampaian informasi
    4. Interaktif

    Kelemahan multimedia :
    1. Design yang buruk menyebabkan kebingungan dan kebosanan  pesan tidak tersampaikan dengan baik
    2. Kendala bagi orang dengan kemampuan terbatas / cacat / disable
    3. Tuntutan terhadap spesifikasi komputer yang memadai. 
    Jenis-Jenis Servis IPTV/VOD 
     Jenis-jenis Servis IPTV/VOD antaralain:

    IPTV/VoD tidak hanya menyediakan jasa video, beberapa servisnya meliputi:
    Servis TV, video yang dipancarkan dalam waktu yang terjadwal, persis layanan TV konvensional. Pengembangan servis ini, bisa dengan membuat kanal-kanal yang khusus, misalnya, khusus memasak, khusus olahraga dll. Service VoD, Video yang dihantarkan ke pelanggan sesuai pilihan mereka.

             Personal Video Recorder (PVR), Alat perekam yang akan merekam siaran untuk diputar dilain waktu. Network Personal Video Recorder (NPVR), versi jaringan dari PVR, NPVR tidak mesti ditempatkan di rumah pelanggan. Electronic Program Guide (EPG), layanan yang memberikan info program-program eksisting dan program-program kedepan dari layanan.
    Information Services, layanan bersifat informasi, berita, laporan cuaca dll. Interactive TV, TV Show, dimana pelanggan bisa interaktiv. Interactive Applications, permainan yang dapat dideliver dengan mode broadcast, namun memanfaatkan kelebihan sifat interaktifnya. Permainan dapat berupa singleplayer atau mulitplayer antar pelanggan. Broadband Applications, video conferencing, e-Learning, dan security monitoring. 
    Pengertian Multimedia (Interactif)
    Pengertian Multimedia ( Interaktif )

         Multimedia adalah media yang menggabungkan dua  atau lebih media yang contohnya tuh dari teks, grafis, gambar, foto, audio, video ataupun animasi.
    Multimedia itu sendiri dibagi menjadi dua kategori, yaitu: multimedia linier dan multimedia interaktif. Sedangkan multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga si pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh multimedia interaktif adalah: multimedia aplikasi game, internet, dll.
    Beberapa definisi multimedia menurut beberapa ahli diantaranya:

        Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002)
        Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
        Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter (2001) adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
        Multimedia sebagai  perpaduan antara teks, grafik,  sound, animasi, dan video untuk menyampaikan pesan kepada publik (Wahono, 2007)
        Multimedia merupakan kombinasi dari data text, audio, gambar, animasi, video, dan interaksi (Zeembry, 2008)
        Multimedia (sebagai kata sifat) adalah media elektronik untuk menyimpan dan menampilkan data-data multimedia (Zeembry, 2008)

    Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut maka dapat disimpulkan bahwa multimedia merupakan perpaduan antara berbagai media (format file) yang berupa teks, gambar (vektor atau bitmap), grafik, sound, animasi, video, interaksi, dll. yang telah dikemas menjadi file digital (komputerisasi), digunakan untuk menyampaikan pesan kepada publik.

    Pemanfaatan multimedia sangatlah banyak diantaranya untuk: media pembelajaran, game, film, medis, militer, bisnis, desain, arsitektur, olahraga, hobi, iklan/promosi, dll. (Wahono, 2007). Bila pengguna mendapatkan keleluasaan dalam mengontrol multimedia tersebut, maka hal ini disebut multimedia interaktif.

    Thorn (2006) mengajukan enam kriteria untuk menilai multimedia interaktif, yaitu : (1) Kriteria pertama adalah kemudahan navigasi, (2) Kriteria kedua adalah kandungan kognisi. (3) Kriteria ketiga adalah presentasi informasi, (4) Kriteria keempat adalah integrasi media, (5) Kriteria kelima adalah artistik dan estetika dan (6) Kriteria penilaian yang terakhir adalah fungsi secara keseluruhan.

    Multimedia interaktif menggabungkan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari: a) teks; b) grafik; c) audio; dan d) interaktivitas (Green & Brown, 2002: 2-6).

    a. Teks
    Teks adalah simbol berupa medium visual yang digunakan untuk menjelaskan bahasa lisan. Teks memiliki berbagai macam jenis bentuk atau tipe (sebagai contoh: Time New Roman, Arial, Comic San MS), ukuran dan wana. Satuan dari ukuran suatu teks terdiri dari length dan size. Length biasanya menyatakan banyaknya teks dalam sebuah kata atau halaman. Size menyatakan ukuran besar atau kecil suatu huruf. Standar teks memiliki size 10 atau 12 poin. Semakin besar size suatu huruf maka semakin tampak besar ukuran huruf tersebut.

    b. Grafik
    Grafik adalah suatu medium berbasis visual. Seluruh gambar dua dimensi adalah grafik. Apabila gambar di render dalam bentuk tiga dimensi (3D), maka tetap disajikan melalui medium dua dimensi. Hal ini termasuk gambar yang disajikan lewat kertas, televisi ataupun layar monitor. Grafik bisa saja menyajikan kenyataan (reality) atau hanya berbentuk iconic. Contoh grafik yang menyajikan kenyataan adalah foto dan contoh grafik yang berbentuk iconic adalah kartun seperti gambar yang biasa dipasang dipintu toilet untuk membedakan toilet laki-laki dan perempuan.

    Grafik terdiri dari gambar diam dan gambar bergerak. Contoh dari gambar diam yaitu foto, gambar digital, lukisan, dan poster. Gambar diam biasa diukur berdasarkan size (sering disebut juga canvas size) dan resolusi. Contoh dari gambar bergerak adalah animasi, video dan film. Selain bisa diukur dengan menggunakan size dan resolusi, gambar bergerak juga memiliki durasi.

    c. Audio
    Audio atau medium berbasis suara adalah segala sesuatu yang bisa didengar dengan menggunakan indera pendengaran.  Contoh: narasi, lagu, sound effect, back sound.

    d. Interaktivitas

    Interaktivitas bukanlah medium, interaktivitas adalah rancangan dibalik suatu program multimedia. Interaktivitas mengijinkan seseorang untuk mengakses berbagai macam bentuk  media atau jalur didalam suatu program multimedia sehingga program tersebut dapat lebih berarti dan lebih memberikan kepuasan bagi pengguna. Interaktivitas dapat disebut juga sebagai interface design atau human factor design.

    Interaktivitas dapat dibagi menjadi dua macam struktur, yakni struktur linear dan struktur non linear. Struktur linear menyediakan  satu pilihan situasi saja kepada pengguna sedangkan struktur nonlinear terdiri dari berbagai macam pilihan kepada pengguna.

    Green & Brown (2002: 3) menjelaskan, terdapat beberapa metode yang digunakan dalam menyajikan multimedia, yaitu:


    1.  Berbasis kertas (Paper-based), contoh: buku, majalah, brosur.
    2.  Berbasis cahaya (Light-based), contoh: slide shows, transparasi.
    3.  Berbasis suara (Audio-based), contoh: CD Players,  tape recorder, radio.
    4.  Berbasis gambar bergerak (Moving-image-based), contoh: televisi, VCR (Video cassette recorder), film.
    5.  Berbasiskan digital (Digitally-based), contoh: komputer.
                                                                                                           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar